Rabu, 19 Juni 2019

BASIC CONFIGURATION SWITCH


I.     JUDUL    
                    
BASIC CONFIGURATION SWITCH

II.           TEORI DASAR

1.     Pengertian Switch
Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja pada Layer 2 OSI (data link) yang berfungsi sebagai titik konsentrasi untuk perangkat-perangkat lain yang terhubung seperti komputer, server, router, hub, dan switch lainnya. Switch juga berfungsi sebagai penguat sinyal jaringan computer.

Pada awalnya hub adalah perangkat konsentrasi yang menyediakan beberapa port yang mirip dengan switch. Akan tetapi dengan hub seluruh komputer yang terhubung akan berbagi bandwidth bersama (shared-bandwidth) dan collision dapat terjadi. Hub beroperasi secara half-duplex (hanya dapat mengirim atau menerima pada suatu waktu) karena hub harus mampu mendeteksi collisionSwitch menyediakan koneksi point-to-point terdedikasi (virtual circuit) antara dua perangkat jaringan (seperti komputer, server, router) sehingga tidak terjadi collision. Karena switch tidak perlu mendeteksi collision, maka switch dapat beroperasi secara full-duplex (mengirim dan menerima secara simultan) yang akan melipat gandakan throughput-nya.
 
Dengan kemampuan switch tersebut, pembangunan VLAN ( Virtual Local Area Network ) dapat dilakukan. Dengan VLAN, komputer yang tergabung tidak harus berada pada satu daerah yang sama. Berlandaskan pada keinginan tersebut, maka upaya-upaya penyempurnaan terus dilakukan oleh berbagai pihak. Dengan memanfaatkan berbagai teknik khususnya teknik subnetting dan penggunaan hardware yang lebih baik (antara lain switch) maka muncullah konsep VLAN yang diharapkan memberikan hasil yang lebih baik dibanding LAN.

2.     Mode-Mode Konfigurasi Switch
Dalam konfigurasi switch terbagi dalam beberapa mode, mode tersebut dapat kita bedakan atau ditandai oleh simbol – simbol berikut :

1.     User mode ( Switch> )
Jika dalam terminal konfigurasi switch tampilannya Switch> maka tandanya anda sedang berada dalam user mode, biasanya mode ini adlah mode yang dijalankan ketika kita pertamakali membuka terminal atau masuk untuk mengkonfigurasi switch.Dalam mode ini kita hanya bisa melakukan perintah – perintah yang bersifat monitoring atau view.

2.     Privileged mode ( Swiitch# )
Jika dalam terminal konfigurasi switch tampilannya Switch# maka tandanya anda sudah berada dalam priveleged mode, untuk berpindah dari user mode ke privileged mode anda bisa menggunakan perintah enable (Switch>enable). Dalam mode ini kita bisa melakukan perintah yang berhubungan dengan konfigurasi untuk akses ke switch. Global config privileged mode (Switch(config)#). Untuk masuk ke mode ini kita harus masuk ke Privileged mode terlebih dahulu, kemudian kita ketik perintah config t ( Switch#config t).

3. Cara Kerja Switch

Switch mampunyai cara kerja yaitu dengan menerima dan menganalisis jenis paket data dari alamat pengirim sebelum diteruskan kepada tujuan. Switch akan meneliti dan menganalisa satu per satu paket untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada paket tersebut agar mencegah terjadinya gangguan pada jaringan. Switch akan mengalokasikan bandwidth secara penuh dan mengutamakan setiap port. Pengguna komputer akan selalu memiliki bandwidth secara penuh dan tidak peduli berapa banyak periode bandwidth yang beroperasi pada komputer yang terhubung dengan switch. Switch beroperasi pada lapisan Data Link Dan setiap port memiliki swith collision domain Sendiri.

4. Konfigurasi Umum Switch
Penggunaan switch pada jaringan akan membuat jaringan tersebut lebih handal dan terasa lebih cepat. Ada beberapa konfigurasi umum yang dilakukan oleh administrator jaringan, yaitu :

·         Mengganti nama switch
Untuk mengganti nama switch, digunakan perintah hostname , seperti :
Switch>enable
Switch#configure terminal
Switch(config)#hostname ganti
ganti(config)#

·         Membuat password pada switch
Ada dua cara untuk membuat password pada switch, yaitu dengan enable password dan enable secret . Perbedaan pada kedua perintah itu adalah enable password tidak dienkripsi dan enable secret dienkripsi. Contoh konfigurasinya :
ganti(config)#enable password tekkom
ganti(config)#enable secret teknik computer
jika kedua perintah ini dikonfigurasi pada switch, maka yang akan digunakan sebagai password pada switch adalah perintah enable secret .

·         Mengkonfigurasi interface
Perintah yang digunakan untuk melakukan konfigurasi pada interface yang ada padaswitch dengan perintah interface , seperti :
ganti(config)#interface fastEthernet 0/3
ganti(config-if)#

III.        ALAT DAN BAHAN

1.     PC
2.     Aplikasi Cisco Packet Tracher

IV.          LANGKAH KERJA

Langka-langkah basic configuration switch sebagai berikut adalah :
1.     Buka aplikasi Cisco Packet tracher pada PC.
2.     Tambahkan 2 buah switch yang dihubungkan dengan kabel cross over dan 2 buah PC yang dihubungkan dengan kabel straight seperti gambar di bawah ini :

Gambar 1.1 Topologi Jaringan
3.     Setelah topologi jaringan selesai, klik pada switch 1 dan pilih CLI kemudian tekan enter untuk masuk ke menu configuration.



4.     Ketikkan perintah enable atau ena atau en  untuk mengaktifkan konfigurasi switch.

5.     Ketikkan perintah show running-config atau sh run untuk melihat konfigurasi yang ada pada switch.

6.     Ketikkan perintah configure terminal atau config t untuk masuk ke dalam config global.


7.     Ketikan perintah hostnaname S1 untuk mengganti nama switch.


8.     Ketikkan perintah line console 0 untuk masuk kedalam line console.

 
9.     Buat password  dan perintah login. Dengan mengetikkan password izinkan dan login. Dimana izinkan sebagai password  awal masuk konfigurasi switch.


10.  Tambahkan password masuk ke privileged dengan perintah enable password izinkanlagi. Catatan password harus berbeda dengan password sebelumnya.

11.  Enkripsi password previleged dengan perintah enable secret rahasia dan password nya harus berbeda dari dua password sebelumnya. Jadi, ada  tiga password yang harus diingat ketika memasuki configuration switch.

12.  Untuk mengenkripsi semua password ketikkan perintah service password-encryption


13.  Membuat banner dihalaman utama, ketikkan perintah banner motd “isi dari banner”



14.  Menyimpan konfigurasi ke NVRAM , ketikkan perintah “copy running-config startup-config”, tekan enter dan akan ada permintaan destination filename (tekan enter), sebelum itu keluar terlebih dahulu dari config sebelumnya.


15.    Lakukan hal yang sama pada switch yang satunya lagi.
  

V.            HASIL


Gambar 2.1 Tampilan Setelah Configuration Switch
VI.          ANALISA
 
Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja pada Layer 2 OSI (data link) yang berfungsi sebagai titik konsentrasi untuk perangkat-perangkat lain yang terhubung seperti komputer, server, router, hub, dan switch lainnya. Switch juga berfungsi sebagai penguat sinyal jaringan computer.

VII.        KESIMPULAN
 
Switch merupakan perangkat yang mempunyai peran penting pada jaringan komputer, karena switch menjadi pusat lalu lintas jaringan. Apabila pada suatu saat switch mengalami gangguan maka semua aktivitas jaringan akan terganggu. Penggunaan switch pada jaringan akan membuat jaringan tersebut lebih handal dan terasa lebih cepat. 
Switch mampunyai cara kerja yaitu dengan menerima dan menganalisis jenis paket data dari alamat pengirim sebelum diteruskan kepada tujuan. Switch akan meneliti dan menganalisa satu per satu paket untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada paket tersebut agar mencegah terjadinya gangguan pada jaringan. 

VIII.     REFERENSI
1.     Tulisanku, Maret 2019, ”Konsep Konfigurasi Switch”, ( http://www.tulisanku.com/2009/03/konsep-konfigurasi-switch.html,diakses tanggal 19 Juni 2019).
2.     Belajar Itu Keharusan, 4 September 2017, “Mengenal Switch dalam CISCO”, (http://iswarasuwan.blogspot.com/2017/09/mengenal-switch-dalam-cisco.html , diakses tanggal 19 Juni 2019).
3.     Welcome To My Simple Blog, 28 Agustus 2017, “Perintah Dasar Pada Switch Dalam Cisco”, (http://zxfirex.blogspot.com/2017/08/perintah-dasar-pada-switch-dalam-cisco.html , diakses tanggal 19 Juni 2019).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tutorial Penggunaan Cisco Packet Tracer

Tutorial Penggunaan Cisco Packet Tracer A.    Pengenalan Cisco Packet Tracer Cisco packet tracer adalah tools e-learning yang dibu...